CARA ME-RESET PASSWORD BIOS ACER ASPIRE ONE AOD260




Membuat password pada Bios laptop adalah salah satu pilihan tepat untuk menjaga keamanan PC/Laptop kita dari tangan-tangan orang yang nggak bertanggung jawab.

Bila hanya membuat password pada system/windows, mungkin masih bisa dijebol oleh beberapa orang yang ahli di bidang tersebut, termasuk saya sendiri sangat sering diminta untuk membuka password windows yang terlupakan, ntah itu sengaja dilupakan maupun karena ada maksud tertentu.

Namun, yang menjadi masalah sekarang, bagaimana jika anda lupa password bios anda. Apalagi kalo passwordnya punya banyak karakter waktu membuatnya, 6 karakter misalnya, tentu ada ribuan kemungkinan untuk menjebol dengan karakter-karakter sembarangan. Atau mungkin walaupun anda punya beberapa koleksi Backdor password (password standar) Bios, namun tak satupun dari password tersebut yang berfungsi dan menolong anda, seperti yang telah dialami oleh saya sendiri. Kalau password Bios PC mungkin sangat dan teramat gampang. Tinggal copot batrai CMOS aja beberapa menit dan pasang lagi, maka semua pengaturan, baik password, time and date setting akan direset ulang. Tapi apakah hal tersebut bisa diterapkan pada laptop? Menjadi pertanyaan memang.

Nah, berhubungan dengan hal tersebut, maka saya mau share dikit tentang pengalaman saya menjebol password Bios pada laptop secara khusus pada Acer Intel Atom AOD260.

Beberapa waktu lalu, saya didatangi teman yang punya laptop tersebut. Dia udah buat password pada biosnya, namun lupa. Usut punya usut, saya browsing di google cari-cari cara menjebol password tersebut, tak satupun yang menolong. Sampai akhirnya saya putuskan untuk bongkar laptop tersebut dan mencari reset jumper atau kalau-kalau ada batrai CMOSnya juga layaknya PC biasa. Nih foto-foto waktu saya bongkar habis tuh laptop. Gila bukan….sampe segitunya. Namanya juga orang usaha.

Setelah saya buka semua casingnya, saya copot batrainya, harddisknya, keyboardnya dan beberapa hardware lainnya, lalu saya cari-cari di mana letak reset jumpernya. Nggak ketemu memang. Tapi mata saya terganggu setelah melihat sesuatu seperti baterai CMOS yang ter-solder pada motherboardnya. Dengan sangat hati-hati saya perhatikan tulisan-tulisan di sekitar benda tersebut. Ternyata ada symbol “+” atau kutub positif. Wah berarti ini batrai CMOSnya. Tapi koq disoldernya, kalo PCkan nggak pernah disolder, karena ada tempat khususnya, tinggal ditempelin. Mungkin karena pengen aman kale. Hahaha.

Usut punya usut, dengan segenap keberanian dan tanpa memikirkan resiko kerusakan yang lebih fatal lagi, maka saya coba lepasin solder-an batrai tersebut. Agak sulit memang, namun berkat kesabaran dan hati-hati, akhirnya lepas juga soldernya. Saya diamkan beberapa menit, sambil saya main gitar kesayangan saya, nyanyi sebuah lagu sambil berharap-harap cemas.

10 menit kemudian saya cek biosnya dengan memasang baterai utama (bukan baterai cmos), saya pasang kembali keyboardnya agar bisa akses Bios setup dengan menekan tombol F2. sambil berdoa, saya tekan tombol powernya dan buru-buru menekan tombol F2, apa yang terjadi….puji Tuhan, Password Biosnya udah nggak aktif lagi. Sempat sombong sebentar. Hehe. Karena passwordnya udah nggak aktif lagi, akhirnya saya pasang kembali laptop tersebut, seperti merakit PC baru. Nggak nyangka, bisa juga passwordnya jebol. Sekarang tinggal install ulang tuh PC. Beres. Teman-teman pengen coba juga, baca aja artikel saya yang kurang sempurna ini.

8 komentar:

  1. sudah betul bro langkah yang anda praktekkan

    BalasHapus
  2. trus masang cmos nya lagi gmana gan ?
    apa di solder lagi ?

    mohon penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan CMOS nya yang di cabut gan tapi battery CMOSnya

      Hapus
  3. Gan kalo masalahnya laptop ga bisa booting sma se x , apa dengan trik diatas bisa diatasi,
    laptop ane uda ga bisa di instal ulang lg ne. mw boot Flshdisk or DVD uda ga bisa baca.
    padahal sekarang masih jalan OS'a

    BalasHapus
  4. gbsa booting tp bsa blg os msh jalan?????

    BalasHapus
  5. Kalo kasus saya gmn y??
    Sy pake dualboot win7 sm ubuntu trz gr2 shrink partisi jd kena grub rescue
    . Coba bbrapa tutorial d google eh mlah skrg menu msk bios ilang jd ga bs lg msk bios buat install ulang
    Tolong donk

    BalasHapus
  6. Gan untuk mengetahui Current Password dari Bios kita silahkan kunjungi http://www.materi-it.com/2014/10/cara-mengatasi-current-password-bios.html, ini cara yang saya lakukan ternyata bisa dan memang password bios dari setiap perangkat sudah tersimpan sebelumnya kita hanya tinggal mencarinya. di tunggu KUBAnya gan :)... makasih gan...

    BalasHapus
  7. terima kasih atas infonya
    giribig.com
    idcheat.com
    duniagame.info

    BalasHapus